Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng, Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya resmi melaunching Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Darul Munawwarah (DM) dan Bank Santri Munawwarah (BSM) di dayah tersebut, Kamis (5/3).

Kegiatan tersebut dilakukan pada pengukuhan Pengurus Pusat Alumni Darul Munawwarah.

Peluncuran aplikasi tersebut dilakukan oleh Plt Kakanwil Kemenag Aceh, Drs H Djulaidi MAg, dan turut dihadiri Abu H Ustman Ali atau Abu Kuta Krueng, Wakil Bupati Pidie Jaya, Sayed Mulyadi, Perwakilan DPRA, DPRK, Kakankemenag Pijay Ahmad Yani SPd I, Wakapolres Pijay, Perwakilan Disdik Dayah Aceh, Mudir Ma’had Aly Daru Munawwarah, Tgk H Anwar Usman, Ketua Umum Rabithah Alumni Darul Munawwarah Ayah Blang Panyang, serta sesepuh dayah.

Dalam sambutannya Plt Kakanwil mengungkapkan bahwa sebuah kebahagiaan dan kehormatan baginya dapat berhadir, bersilaturrahmi bersama guru-guru dan ribuan santri dayah.

“Anak kami santri dayah adalah kader-kader terbaik pelanjut generasi mendatang. Berbicara tentang dayah adalah berbicara tentang identitas kita Aceh, dimana dayah semenjak dahulu telah berdiri kokoh dan memberikan kontribusi tehradapa bangsa, bahkan ikut punya andil besar dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” ungkap Djulaidi.

Tidak dapat dinafikan, terkhusus di Aceh, Dayah yang dahulunya disebut Zawiyah memiliki peran yang sangat strategis, para ulama dan tokoh semua berbasis di dayah, sebutnya.

Namun, dunia terus bergerak dan  kemajuan terus berkembang dan berbagai lembaga pendidikan harus dapat bersaing menjadi lebih baik dan modern.

“Digitalisasi di dunia pesantren perlu dilakukan, hal ini adalah sebagai bentuk menjawab kebutuhan zaman. Saat ini semua sifatnya Digital, berbagai Aplikasi pun telah dirilis untuk memudahkan dan mengikuti kebutuhan zaman,” ucap Djulaidi.

Wakil Bupati Pidie Jaya, Sayed Mulyadi mengungkapkan rasa bangganya terhadap dayah Darul Munawarah, “Setelah adanya bangunan infrastruktruk yang memadai, selanjutnya kita lakukan sistem yang memudahkan dalam melakukan berbagai kegiatan di dayah darul munawarah ini. Semoga bermanfaat bagi semua santri dan orang tua. Kami memberikan dukungan penuh dapat berjalan semua program yang kita harapkan,” ungkap Sayed Mulyadi.

Sementara Mudir Ma’had Aly, Tgk H Anwar Usman Ali dalam sambutannya berterimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam mengembangkan dan memajukan Dayah Darul Munawwarah.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pemkab, DPRA dan DPRK, Kemenag Aceh, Dinas Pendidikan dayah, dan semua yang selalu mensupport dan memberi kontribusi,” katanya.

Dayah akan terus bergerak maju mengikuti perkembangan zaman, tanpa meninggalkan prinsip dasar dayah, jelasnya.

Sebelum dimulainya launching dimulai dengan pemutaran Video Pendek simulasi penerapan aplikasi tersebut.

Aplikasi SIM-DM dan BSM bermanfaat sebagai branding dayah, dapat tertata manajemen dayah dengan rapi serta meminalisasi media kertas.

 

Sumber: Kemenag Aceh

Post Author: Darul Munawwarah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *