Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh menandatangani naskah kerjasama (MoU) dengan Ma’had Aly Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng, Pidie Jaya di dayah setempat, Selasa (6/10/20).

Naskah kerjasama tersebut ditandatangani bersama oleh Rektor UIN Ar Raniry  Prof. Dr .H. Warul Walidin AK, M.A dan  Tgk. H. Anwar Usman, S.Pd.I, MM, Mudir Ma’had Ali Dayah Darul Munawwarah Kuta Krueng,  disaksikan Wakil Rektor III, Dr. Saifullah Idris, MA dan Warek I, Drs. H. Gunawan Adnan, MA, Ph.D, serta Ketua DPW PPP Aceh, Tgk. H. Amri M Ali, Wakil Bupati Pidi Jaya, Kadis Syariat Islam Pidie Jaya, dihadiri Para Ulama dan santri Dayah Darul Munawwarah.

Rektor UIN Ar Raniry, Prof. Dr .H. Warul Walidin AK, M.A, mengatakan kerjasama yang dibangun kedua lembaga pendidikan ini dalam bidang pendidikan, pendampingan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada mahasantri dan masyarakat dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Banyak hal dapat dilakukan bersama, antara lain mensinergikan tugas dan fungsi serta kewenangan para pihak dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kapasitas pimpinan, guru dan mahasantri sebagai potensi SDM di dayah guna menunjang proses pendidikan yang berkelanjutan serta bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, kerjasama ini dalam jangka waktu lima tahun pertama dan dapat di perpanjang atau diperbaharui kembali sesuai  kesepakatan kedua pihak setelah diadakan evaluasi bersama atas pelaksanaan kerjasama tersebut nantinya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kerjasama ini, mudah-mudahan kerjasama ini akan melahirkan alumni yang mampu menjadi pendidik-pendidik yang berkualitas,”kata Rektor.

Sementara itu, Mudir Ma’had Ali Dayah Darul Munawwarah Tgk. H. Anwar Usman mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan momen penting dan sangat bersejarah bagi Ma’had Aly Daya Darul Munawwarah yang sudah dirintis sejak tahun 2017 lalu. Dengan kerjasama ini, pihaknya merasa mendapat dukungan besar dan semakin percaya diri untuk mengembangkan SDM dan melahirkan sarjana yang baik.

“Terimakasih Pak Rektor UIN Ar-Raniry telah membangun kerjasama ini, kami sangat membutuhkan bimbingan, sehingga Ma’had Aly Dayah Darul Munawwarah ini akan menjadi sebuah ma’had yang mandiri, melahirkan alumni yang mampu menjawab tantangan zaman,” katanya. [dikutip dari: UIN Ar-Raniry]

Post Author: Darul Munawwarah